8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

19.37 Posted by Unknown , No comments
Manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan lumayan banyak. Salah satunya adalah untuk merawat keremajaan kulit wajah serta membuatnya menjadi lebih awet muda. Kunyit merupakan tumbuhan yang tumbuh rendah, tanaman ini juga sering di sebut rempah-rempah. Kunyit masih termasuk dalam tumbuhan/tanaman umbi yang memiliki daun lebar. Tumbuhan ini sering sekali di buat obat herbal, obat herbal memang sekarang bisa menjadi salah satu pilihan bagi kita untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satu manfaat kunyit putih untuk kesehatan adalah dapat menyembuhkan penyakit kanker dan tumor ganas yang menyerah tubuh. Manuasia.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

 
Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Salah satu manfaat kunyit putih yang paling terkenal adalah untuk menyembuhkan kanker. Konon katanya, di dalam kunyit terkandung zat ribosome inactivating protein yang mampu mematikan sel kanker secara perlahan. Tidak hanya itu saja, kunyit juga dapat meningkatkan antioksidan, meningkatkan fungsi hati, memperkecil resiko leukimia dan manfaat lainnya yang tersembunyi. Untuk lebih mengetahui manfaat kunyit untuk kesehatan, silahkan simak beberapa pembahasan berikut.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat kunyit yang pertama adalah mencegah penyakit kanker. Seperti yang sudah anda baca pada paragraf sebelumnya, bahwa kunyit mengandung ribosome inactivating protein yang dapat memperkecil kemungkinan terkena kanker. Untuk menggunakannya, anda bisa membuatnya menjadi jamu herbal ataupun membeli kapsul kunyit.

2. Menangkal Radikal Bebas

Selain dapat mencegah kanker, kunyit juga dapat menangkal radikal bebas yang bertebaran di luar sana. Anda sudah tau kan, betapa berbahayanya jika radikal bebas masuk ke dalam tubuh kita. Di dalam tumbuhan kunyit terkandung salah satu zat yang bernama curcumin, curcumin ini merupakan zat yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anda dan melawan radikal bebas yang akan masuk kedalam tubuh.

3. Meningkatkan Fungsi Hati

Hati merupakan salah satu organ penting yang kita miliki. Maka kita harus terus menjaga fungsi hati agar tetap bekerja normal. Dari penelitian yang telah di lakukan, kunyit di percaya mampu meningkatkan fungsi hati manusia. Jadi, gunakanlah kunyit sebagai obat herbal alami untuk menjaga kesehatan hati anda.

4. Memperkecil Resiko Terkena Leukimia

Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya adalah memperkecil resiko leukimia. Sebuah penelitian yang di presentasikan di london menyebutkan, bahwa jika seseorang mengkonsumsi makanan yang di bumbui menggunakan kunyit, akan sangat membantu dalam hal mencegah penyakit leukimia. Penelitian ini di lakukan oleh Prof. Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre.

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, kunyit juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan kunyit yang bermanfaat untuk kecantikan adalah antiseptik, antiseptik ini dapat mencegah peradangan yang terjadi pada jerawat ataupun luka. Manfaat kunyit untuk kecantikan yang akan saya bahas di antaranya adalah, mengobati jerawat, mengatasi kulit berminyak, menghilangkan ketombe dan rambut rontok, serta menghaluskan tumit dan siku.

1. Membantu Menghilangkan Jerawat

Manfaat kunyit untuk kecantikan wajah yang pertama adalah menghilangkan jerawat. Jerawat memang salah satu hal yang sangat menganggu penampilan kita, seseorang tidak percaya diri hanya karena dia memiliki jerawat di wajahnya. Dengan kunyit, anda bisa menghilangkan jerawat secara alami, pertama ambil 1 sendok bubuk kunyit dan campurkan dengan 3 sendok makan air perasan kunyit. Selanjutnya, campurlah dengan sedikit yoghurt dan madu. Aduk sampai mengental. Lalu gunakanlah ramuan yang telah di buat menjadi masker wajah.

2. Menghilangkan Minyak di Wajah

Manfaat kunyit untuk kecantikan selanjutnya adalah menghilangkan minyak di wajah. Kunyit di percaya mampu menghambat produksi minyak di pori-pori anda. Cara menggunakannya hampir sama dengan langkah no 1, yaitu menggunakannya sebagai masker

3. Mengatasi Ketombe Serta Rambut Rontok

Ketombe dan rambut rontok juga salah satu faktor yang mengganggu penampilan anda. Anda bisa mengatasinya dengan kunyit. Caranya yaitu mengoleskan dan memijatkan parutan kunyit ke kulit kepala anda. Kandungan nutrisi yang ada di dalam tumbuhan ini dapat membuat kulit rambut anda menjadi lebih sehat.

4 Menghaluskan Siku dan Tumit

Untuk menghaluskan tumit dan siku, anda hanya perlu mencampur minyak kelapa dan bubuk kunyit. Kemudian oleskan ke bagian siku dan tumit yang ingin di haluskan, jangan lupa beri pijatan ringan agar ramuannya meresap. Diamkan kurang lebih sepuluh menit, dan bilas menggunakan air bersih. Lakukan hal ini secara rutin, agar memperoleh manfaat kunyit untuk kecantikan yang maksimal.

Itulah tadi 8 manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi anda dalam menjaga kesehatan ataupun kecantikan. Anda bisa mendapatkan artikel tentang manfaat buah, manfaat daun, manfaat air dan manfaat lainnya di cari-manfaat.com. Di sana banyak sekali artikel manfaat yang bisa anda cari. Kalau menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan pencet tombol share ya, agar kerabat dekat, teman atau keluarga anda juga mengetahui manfaat dari kunyit untuk kesehatan dan kecantikan.

0 komentar:

Posting Komentar